Program Kesehatan Sekolah Yang Efektif

Manfaat Program Kesehatan Sekolah Yang Efektif

Kemampuan anak untuk mencapai potensinya secara penuh, langsung dipengaruhi oleh efek sinergis antar kondisi kesehatan yang bagus, nutrisi yang bagus dan pendidikan yang tepat. Kesehatan dan pendidikan tidak berhenti pada hal itu, melainkan juga berarti menyediakan individu dengan kesempatan untuk hidup produktif dan memuaskan. Kesehatan sekolah merupakan investasi bagi masa depan bangsa dalam meningkatkan kapasitas manusianya.
Program kesehatan sekolah yang efektif akan memberikan manfaat:
1.    Menjawab Kebutuhan Baru.
Dalam upaya pemerintah meningkatkan cakupan pendidikan, peran kesehatan sangat penting, terutama untuk anak perempuan. Dengan demikian sekolah merupakan tempat kunci di mana sektor kesehatan dan pendidikan dapat bekerja bersama untuk memperbaiki kesehatan, gizi dan pendidikan anak.
2.    Meningkatkan efikasi dari investasi yang lain dalam pengembangan anak.
 Program kesehatan sekolah yang efektif akan melanggengkan manfaat program ECCD (early chil care and development).
3.    Prestasi pendidikan yang lebih baik.
Kekurangan gizi mikro, infeksi parasit, penglihatan dan pendengaran yang kurang baik akan memiliki efek buruk pada kehadiran di sekolah, kecerdasan dan prestasi sekolah.

4.    Mencapai kesetaraan sosial yang lebih baik.
Pada anak-anak dari keluarga kurang mampu, kemampuan mereka untuk datang ke sekolah dan kemampuan belajarnya dipengaruhi oleh tingkat kesehatannya. Program kesehatan sekolah akan sangat menolong anak-anak ini.
5.    Merupakan strategi yang sangat efektif biaya.
Keefektifan program ini karena efek sinergis dari manfaat kesehatan dan manfaat pendidikan yang terlihat tidak saja dari perbaikan kondisi kesehatan dan gizi tapi juga dari perbaikan hasil prestasi belajar, mengurangi pemborosan, mengurangi pengulangan dan secara umum meningkatkan hasil investasi pendidikan.Oleh karena itu, kini saatnya untuk berbuat, menjadikan program kesehatan sekolah, efektif. 
Setyo Edi, SKM, Dipl.CN, M.Sc. dalam Percik, 2006.

0 Response to "Program Kesehatan Sekolah Yang Efektif"

Posting Komentar